Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Novel Bintang (Tere Liye)

Review Novel Bintang
Review Novel Bintang ( Gambar by Canva )
JudulBintang
PenulisTere Liye
PenerbitPT Gramedia Pustaka Utama
Nomor Edisi TerbitISBN 978-602-035-117-9
Tahun TerbitJuni 2017
Jumlah Halaman392 halaman

Bintang merupakan novel keempat dari serial Bumi, Bulan, dan Matahari karya penulis besar Indonesia Tere Liye. Review novel Bintang menceritakan tentang keseruan petualangan yang dilakukan 3 tokoh utama ke dunia paralel.

Di dalam novel seri keempat ini, Tere Liye mengajak pembaca berimajinasi dengan suasana di dalam klan Bintang yang menakjubkan.

Lantas, apa isi novel Bintang Tere Liye? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sinopsis dan review novel Bintang karya Tere Liye.

Sinopsis Novel Bintang

Masih sama seperti buku-buku sebelumnya, novel Bintang masih mengisahkan ketiga tokoh bernama Raib, Seli, dan Ali yang melakukan petualangan ke dunia paralel yaitu klan Bintang. Dibandingkan klan lainnya, klan Bintang digambarkan memiliki suasana dan view yang menakjubkan. 

Tokoh

Raib merupakan seorang putri keturunan klan Bulan yang punya kekuatan untuk menghilang, sedangkan Seli adalah seorang remaja dari klan Matahari yang punya kemampuan mengeluarkan petir. Sementara itu, Ali adalah seorang remaja dari klan Bumi yang menjadi klan terendah. 

Meski begitu, Ali memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi seekor beruang besar saat berada di situasi mendesak. Dalam novel keempat dari serial Bumi ini, Ali digambarkan sebagai tokoh yang sangat cerdas dan logis.

Konflik

Pada novel seri keempat ini, mereka bertiga diceritakan sudah kembali dari klan Bintang dengan membawa pesan penting. Sekretaris Dewan Kota dari klan Bintang berniat untuk menghancurkan klan permukaan dengan membinasakan pasak bumi. 

Ketiga tokoh segera menyampaikan rencana Dewan Kota Zaramaraz yang membuat pertemuan tersebut menjadi gaduh dan kalut. Raib dan kawan-kawannya mulai mencari cara untuk menggagalkan rencana tersebut.

Dua minggu berlalu dan ditetapkan cara paling aman untuk menggagalkan rencana penghancuran ketiga klan permukaan yaitu dengan menemukan dan mengamankan pasak bumi. Dengan kemampuan dan analisis yang dilakukan Ali, ia menemukan 6 titik pasak bumi. 

Meski begitu, hal tersebut bukanlah suatu perkara yang mudah karena ternyata ada ribuan titik pasak bumi lainnya yang berpotensi menghancurkan klan permukaan.

Pada petualangan di klan Bintang, Raib dan kawan-kawannya didampingi Miss Selena dan para petarung terbaik yang berasal dari klan Bulan dan klan Matahari. 

Penasaran dengan kelanjutan kisah mereka bertiga di novel Bintang? Ikuti terus perjalanan dan kisah mereka bertiga bersama tokoh lainnya yang seru dan menegangkan.   

Review Novel Bintang

Dalam review novel Bintang, terdapat kelebihan yang ditawarkan seperti jalan cerita yang seru dengan alur yang menarik.

Dalam novel keempat ini, penggambaran kondisi yang ada di klan Bintang dijelaskan secara apik dan detail sehingga mampu mengajak pembaca untuk berimajinasi. 

Amanat atau pesan moral yang ingin disampaikan di dalam novel karangan Tere Liye ini juga tidak jauh dari persahabatan ketiga tokoh utama.

Selain itu, isi cerita novel ini banyak mengangkat kehidupan sehari-hari, salah satunya kerja sama dan tolong-menolong dalam menghadapi rintangan. 

Pemilihan bahasa yang digunakan juga sangat mudah dipahami oleh pembaca. Dengan mengusung genre fantasi ilmiah, novel ini akan mengajak pembaca untuk berkhayal sambil belajar ilmu pengetahuan. 

Tidak jauh berbeda dengan novel-novel sebelumnya, novel Bintang ini sangat recommended untuk berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. 

Tere Liye sebagai penulis novel Bintang juga akan mengajak pembaca untuk menerka-nerka kisah dan kejadian yang akan terjadi di babak selanjutnya. 

Meski begitu, ada beberapa hal yang sama dan terkesan monoton seperti di buku sebelumnya seperti penjelajahan ke lorong kuno dan pertemuan dengan hewan-hewan raksasa. Namun, novel ini tetap layak dijadikan bacaan fiksi ilmiah terbaik yang menarik untuk dibaca. 

Review novel Bintang di atas bisa menjadi referensi untuk para pembaca yang membutuhkan rekomendasi bacaan genre fiksi ilmiah fantasi. Agar lebih paham dengan isi cerita novel Bintang, pastikan untuk membaca novel Bumi, Bulan, dan Matahari yang sudah terbit sebelumnya.


Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

3 komentar untuk "Review Novel Bintang (Tere Liye)"

  1. Mantap, ananda. Saya sudah lama tidak beli dan membaca novel. Terakhir ada novel Rindu karya Tere Liye. Itupun belum tuntas. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
  2. bagus tukang reviewnya, daripada penulis novel...
    👍👍

    BalasHapus