Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Novel Bulan: Sinopsis dan Tokohnya

Review Novel Bulan
Review Novel Bulan ( Gambar By Canva )
JudulBulan
PenulisTere Liye
PenerbitPT Gramedia Pustaka Utama
Nomor Edisi TerbitISBN 978-602-03-3294-9
Tahun TerbitCetakan ke 18 Juli 2018 
Jumlah Halaman396 halaman

Pencinta novel karya Tere Liye memang wajib membaca novel Bulan. Novel berjudul Bulan ini merupakan novel kedua dari serial Bumi yang ditulis Tere Liye. Review novel Bulan juga mudah kita temukan di internet sebagai bahan referensi bacaan yang seru dan menarik. 

Lantas, apa isi buku Bulan Tere Liye dan keunggulannya? Mengapa penggemar novel karya Tere Liye wajib membaca novel Bulan? Nah, untuk mengetahui review novel Bulan karya Tere Liye dan sinopsisnya, berikut ulasan selengkapnya. 

Sinopsis Novel Bulan Karya Tere Liye

Novel Bulan merupakan buku kedua dari serial Bumi yang ditulis oleh penulis besar Indonesia, Tere Liye. Jika pada serial Bumi menceritakan petualangan Raib, Seli, dan Ali di Klan Bulan, maka di serial buku Bulan bercerita tentang perjalanan mereka di klan Matahari.

Baca juga Review Novel Bumi: Petualangan Seru di Dunia Paralel

Novel ini menceritakan kehidupan 3 remaja yang kembali normal setelah petualangan panjang di klan Bulan. Masih tidak percaya dengan apa yang sudah mereka lalui, mereka masih merasakan adanya missing link yang belum terpecahkan seperti keberadaan orang tua Raib yang belum mereka ketahui. 

Enam bulan berlalu setelah menghilangnya Mis Selena, mereka bertiga akhirnya bertemu lagi dengan Miss Selena di ruang BK. Petualangan ketiga tokoh ini kembali dimulai. Dengan alasan mengadakan agenda wisata selama 2 minggu di pantai, mereka berencana pergi ke klan Matahari.

Tidak menyangka, niat mereka datang ke klan Matahari untuk berkompromi justru menjebak mereka dalam situasi sulit. Mereka bertiga memperoleh permintaan untuk mengikuti kompetisi menemukan bunga matahari yang pertama mekar di klan Matahari. 

Menurut desas-desus yang beredar, kompetisi ini bukanlah suatu kompetisi biasa karena berbahaya dan menakutkan. Dengan 396 halaman, novel ini akan membawa pembaca menikmati keseruan dan ketegangan petualangan Raib, Seli, dan Ali bersama tokoh-tokoh lainnya. 

Siapa Tokoh dalam Novel Bulan Tere Liye?

Selain menceritakan perjalanan dan petualangan Raib, Seli, dan Ali selama di klan Matahari, novel kedua dari serial Bumi ini juga mencatat beberapa nama tokoh lainnya. Berikut ini nama tokoh lain di dalam novel Bulan. 

• Miss Selena merupakan seorang guru Matematika sekaligus pengintai asal klan Bulan yang memiliki kemampuan mengintai, menghilang, teleportasi, memori fotografi, pukulan dentuman, dan tameng transparan.

• Av merupakan seorang pustakawan yang bekerja di perpustakaan kota Tishri di klan Bulan yang memiliki kemampuan berupa sentuhan yang menenangkan, teknik pelindung, dan penyembuhan.

• Ily merupakan seorang anak laki-laki yang berusia sekitar 18 tahun yang sangat terampil dan cakap dalam menggunakan alat persenjataan.

Review Novel Bulan

Banyak orang yang penasaran dengan isi novel Bulan bercerita tentang apa sehingga tak jarang mereka mengintip review novel Bulan terlebih dahulu di internet. Novel kedua dari serial Bumi ini menyuguhkan cerita yang mengoyak perasaan melalui penggambaran tokoh Raib, Seli, Ali, dan Ily. 

Masih sama seperti novel pertamanya, novel Bulan sangat recommended untuk pembaca yang menyukai genre fiksi ilmiah fantasi. Penggambaran teknologi yang canggih pada klan Matahari dijabarkan oleh Tere Liye secara detail. 

Dengan begitu, pembaca bisa memahami dan berimajinasi secara bebas tentang canggihnya teknologi yang sebenarnya kurang masuk di nalar manusia. Novel ini mengangkat tema persahabatan dan kemanusiaan yang tulus. 

Novel ini juga mengandung nilai edukatif dengan mengajak pembaca untuk lebih mengenal ilmu pengetahuan, terutama Biologi dan Fisika. Meski begitu, di dalam novel ini ditemukan banyak pengulangan pola penulisan cerita yang cukup menjenuhkan. 

Namun, secara garis besar, novel Bulan karya Tere Liye ini tetap menjadi bacaan yang recommended. Amanat yang ingin disampaikan dari novel ini yaitu arti ketulusan, kemanusiaan, dan rendah hati di balik sebuah persahabatan. 

Review novel Bulan bisa menjadi acuan dan referensi bagi pembaca dalam memilih novel, terutama yang menyukai genre fantasi ilmiah. Dari beberapa tokoh yang ada seperti Raib, Seli, Ali, dan Ily, pembaca bisa belajar mengenai ketulusan dan kemanusiaan, serta kerendahan hati.


Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

4 komentar untuk "Review Novel Bulan: Sinopsis dan Tokohnya"

  1. baru tahu kalau novel ini genre "fantasi ilmiah"...
    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mungkin karena ada Bumi, bulan matahari. wkwkkw

      Hapus
  2. Kalo beli buku ini memang sebaiknya langsung semua seri Yaa. Aku suka kepikiran sambungannya kalo cuma beli beberapa bukunya. Makanya kalo baru terbit, biasanya aku tunggu dulu sampe semuanya kluar kak 😄. Jadi ga penasaran nungu sambungannya seperti apa 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang Nggak Sinetron aja Kak yang berjilid-jiid. Novel Juga hahahah Ya kayak Harry Potter itu

      Hapus