Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Novel Matahari ( Tere Liye )

Review Novel Matahari
Review Novel Matahari (Gambar by Canva)

Novel Matahari Oleh Tere Liye - Para pencinta novel pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Tere Liye, bukan? Review novel Matahari karya Tere Liye banyak dicari di internet untuk mengintip isi ceritanya secara garis besar. Matahari sendiri merupakan buku ketiga dari serial Bumi, setelah novel kedua berjudul Bulan. 

Novel Matahari menceritakan tentang apa? Di buku ketiga ini, tokoh yang diceritakan masih sama yaitu Raib, Seli, dan Ali yang berpetualang di klan Bintang.Untuk mengetahui sinopsis dan review novel Matahari secara lebih lengkap, simak ulasan berikut ini. 

Sinopsis Novel Matahari Tere Liye

Matahari merupakan buku ketiga setelah Bumi dan Bulan yang menceritakan petualangan ketiga tokoh utama yaitu Raib, Seli, dan Ali.

Jika pada kedua buku sebelumnya mereka melakukan petualangan di klan Bulan dan Matahari, maka di novel ketiga ini mengambil latar tempat di klan Bintang.

Berbeda dari petualangan sebelumnya, di klan Bintang ini ketiga tokoh tidak memiliki misi atau tujuan tertentu. Mereka hanya bermaksud untuk berpetualang saja. Namun, petualangan mereka tidak berjalan mulus dan justru semakin menegangkan.

Baca Juga : Review Novel Bumi: Petualangan Seru di Dunia Paralel

Prolog

Kisah dalam novel ini dibuka dengan suasana duka atas kematian Ily yang disebabkan karena pertarungan yang terjadi di klan Matahari. Miss Selena yang berasal dari klan Bulan juga tidak bisa kembali ke klan Bumi. 

Akhirnya, ketiga tokoh utama yaitu Raib, Seli, dan Ali memilih pulang ke klan Bumi untuk melanjutkan kehidupan mereka secara normal. Hingga suatu hari, Raib curiga dengan kemenangan yang diraih Ali di kompetisi basket. 

Konflik 

Kecurigaan Raib membuat Ali marah dan ia pun berubah menjadi beruang besar. Dengan kemampuan teleportasinya, Raib mencoba menenangkan Ali. Aksi kejar-kejaran ini membawa Raib dan Seli menuju basement atau ruang bawah tanah di rumah Ali. 

Di basement rumah Ali, mereka menemukan kapsul atau pesawat perak. Kapsul ini merupakan hasil uji coba yang dilakukan oleh Ali dan diberi nama Ily sebagai wujud untuk mengabadikan nama kawannya yang tewas di dalam novel sebelumnya. 

Dari sanalah, Ali mengakui bahwa ia telah memperdalam pengetahuannya melalui hadiah dari Av. Tabung pemberian dari Av tersebut merupakan salinan dari perpustakaan yang ada di klan Bulan. 

Dengan tabung tersebut, ketiga tokoh utama melakukan percobaan untuk perjalanan ke klan Bintang. Dari sinilah, keseruan petualangan ketiga tokoh utama ke klan Bintang dimulai. 

Baca Juga : Tinjauan Novel Janji

Review Novel Matahari Tere Liye

Sama seperti kedua novel sebelumnya, pemilihan kata yang digunakan penulis untuk menggambarkan petualangan Raib, Seli, dan Ali di klan Bintang memang cukup mudah untuk dipahami. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari novel Matahari karya Tere Liye. 

1. Kelebihan

Penggambaran isi ceritanya juga sangat detail dan jelas sehingga mampu membawa pembaca untuk berimajinasi. Alur cerita dari novel ini juga sangat imajinatif dengan susunan kata dan bantuan plot yang menarik dan sesuai porsinya. 

Hal ini tentunya akan membuat pembaca semakin penasaran dengan kisah yang terjadi dan cara ketiga sekawan ini menghadapi musuh selama di klan Bintang. 

Pesan dan amanat dari novel ini tidak jauh berbeda dari novel sebelumnya yaitu persahabatan yang tulus dan rasa saling membantu. Menariknya lagi, novel ini mengupas masalah Fisika sehingga lebih mudah dipahami. 

2. Kekurangan

Kekurangan dari novel Matahari ini yaitu kurangnya penjelasan plot cerita dari novel sebelumnya, yaitu Bulan. Bagi pembaca yang membaca novel Matahari tapi tidak membaca novel Bulan pasti akan sulit memahami alur ceritanya. Klimaks cerita juga kurang menarik sehingga terkesan monoton. 

Review novel Matahari karangan Tere Liye di atas bisa menjadi gambaran plot cerita secara garis besar mengenai petualangan ketiga tokoh utama yang seru dan menegangkan di klan Bintang. Novel ini juga sangat recommended untuk para pencinta novel dengan genre fiksi ilmiah dan fantasi.

Baca Juga : Review Novel Bulan: Sinopsis dan Tokohnya


Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

2 komentar untuk "Review Novel Matahari ( Tere Liye )"

  1. Seandainya aku belum pernah baca buku2 Tere Liye, mungkin aku bakal bingung ngebayangin ini ceritanya kayak apa sih 😅. Ada bulan bintang matahari, pake klan, trus bisa berubah jadi binatang hahahaha. Tapi Krn ini buku beliau, aku masih yakin kalo alurnya pasti menarik pas dibaca beneer2. Malah bikin penasaran 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bingung pegangan Kak :-D . ini sampai berseri-seri. masalh utama biasanya permasalahan yang monoton

      Hapus