Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Novel Ceros Dan Batozar

Review novel Ceros dan Batozar menjadi ‘jalan ninja’ bagi pembaca yang ingin tahu alur cerita novel karya Tere Liye satu ini secara garis besar.

Novel Ceros Dan Batozar (Gambar By Canva)
JudulCeros dan Batozar
PenulisTere Liye
PenerbitPT Gramedia Pustaka Utama
Nomor Edisi TerbitISBN 602-038-591-4
Tahun TerbitMei 2018
Jumlah Halaman376 halaman

Novel satu ini merupakan bagian dari serial novel Bumi yang mengangkat keseruan petualangan tiga tokoh utamanya di dunia paralel. 

Tidak kalah menarik dari novel sebelumnya, novel satu ini akan mengajak pembaca menikmati keseruan petualangan ketiga tokoh utamanya bertemu dengan monster Ceros.

Untuk mengetahui isi cerita dari novel Ceros dan Batozar secara lebih lengkap, berikut ulasannya. 

Unsur Intrinsik dan Sinopsis Novel Ceros dan Batozar

Pembaca novel-novel karangan Tere Liye mungkin sudah penasaran dengan novel Ceros dan Batozar menceritakan tentang apa, bukan?

Karena termasuk sekuel dari Bumi, tokohnya masih diperankan oleh Raib, Ali, dan Seli yang melakukan perjalanan ke dunia paralel.

Tokoh

Seperti novel-novel sebelumnya, Ceros dan Batozar menceritakan petualangan yang dilakukan oleh Raib bersama kedua sahabatnya.

Raib merupakan seorang putri dan pewaris garis keturunan klan Bulan yang memiliki kekuatan menghilang, teleportasi, dan kemampuan luar biasa lainnya. 

Ali merupakan seorang remaja pria asal klan Bumi atau klan Aldebaran yang dikenal sebagai sosok yang cerdas dan jenius karena mampu merancang berbagai alat dan teknologi yang canggih. 

Sementara itu, Seli merupakan seorang remaja perempuan sekaligus petarung asal klan Matahari yang punya kemampuan mengeluarkan petir biru, kekuatan kinetik, dan bisa terbang. 

Tema

Dalam novel Ceros dan Batozar, tema yang diangkat masih seputar persahabatan seperti pada novel-novel sebelumnya.

Selain itu, novel ini juga mengandung pesan moral di mana setiap makhluk harus bekerja sama dan saling membantu satu sama lain. 

Sinopsis

Kisah di dalam novel Ceros dan Batozar ini dimulai ketika Raib, Ali, dan Seli mengikuti karya wisata yang diselenggarakan sekolahnya.

Dalam perjalanan karya wisata tersebut, mereka bertiga berniat untuk mengamati benda-benda berusia ribuan tahun dari sebuah lokasi kuno. 

Ketika Raib dan Seli sedang asyik melakukan pengamatan, sensor dunia paralel milik Ali memberikan sinyal bahwa ada pintu kamuflase yang bisa membawa mereka ke dunia paralel.

Meskipun sudah diingatkan oleh ILY, Ali tetap bersikeras untuk pergi ke tempat di dunia paralel tersebut. 

Ali bersama kedua sahabatnya lalu memisahkan diri dengan rombongan mereka untuk menuju ke gedung kuno yang berada di bawah tanah.

Hingga akhirnya mereka bertemu dengan monster berkepala badak yang disebut Ceros. 

Mereka bertiga melanjutkan perjalanan dan bertemu dengan sepasang anak kembar bernama Ngglanggeran dan Ngglanggeram.

Mereka juga menemukan bangunan kuno bernama Bor-O-Bdur di mana tempat tersebut sudah dijaga dan dihalangi tameng agar Ceros tidak bisa keluar dari sana. 

Apabila Ceros tersebut berhasil keluar dari bangunan Bor-O-Bdur, maka dikhawatirkan akan terjadi pemberontakan yang bisa menghancurkan klan Bumi. 

Lalu, bagaimana kelanjutan kisah dan petualangan seru Ali bersama kawan-kawannya di dunia paralel? Novel Ceros dan Batozar akan memberikan jawabannya. 

Baca Juga Review Novel Bintang (Tere Liye)

Review Novel Ceros dan Batozar

Novel karya Tere Liye yang masih termasuk sekuel dari seri novel Bumi ini merupakan spin-off petualangan Ali, Raib, dan Seli yang bertemu dengan monster berkepala badak bernama Ceros. 

Review novel Ceros dan Batozar ini banyak berseliweran di internet sebagai rekomendasi novel best seller yang layak untuk dibaca.

Kisah petualangan ketiga sahabat yang dituliskan oleh Tere Liye akan mengajak pembaca untuk berimajinasi menjelajahi setiap jengkal dunia paralel.

Pemilihan kata dan bahasa di dalam novel ini juga sangat mudah dipahami dengan alur cerita dan penggambaran latar yang menarik dan seru.

Persahabatan yang digambarkan dalam novel ini juga bisa menjadi inspirasi bagi pembaca, baik dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. 

Dengan adanya review novel Ceros dan Batozar, pembaca tidak perlu ragu lagi untuk membacanya. Temukan kisah seru dan inspiratif dari ketiga tokoh utamanya yang dijamin akan membawa pembaca tenggelam dalam keseruan petualangan di dunia paralel.

Baca Juga Review Novel Matahari ( Tere Liye )

Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

2 komentar untuk "Review Novel Ceros Dan Batozar"

  1. keren banget isinya, jadi pengen beli semua seri :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin kayaknya lagi ada promo kak, silahkan berkunjung di Instagramnya

      Hapus