Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Membuat Presentasi yang Bagus dan Menarik

Membuat Presentasi yang Bagus
Gambar Tips Membuat Presentasi

Saat ini kegiatan presentasi sudah sangat umum dilakukan. Baik untuk presentasi memperkenalkan produk,  penyampaian materi kuliah, rapat hingga pada pertemuan tertentu.

Untuk menunjang presentasi lebih baik, tentunya dibutuhkan Tips membuat presentasi yang bagus. Sehingga audiens tidak merasa bosan saat presentasi berjalan.

Tips membuat presentasi yang bagus bisa dilakukan dengan memasukkan kombinasi antara gambar dan text. Dengan demikian PPT Anda tidak terlihat monoton dan memberikan daya tarik tersendiri pada audiens.

Dengan demikian, presentasi menjadi lebih mudah dipahami dan mampu memberikan insight baru.

Bagaimana Tips Membuat Presentasi yang Bagus?

Ada beberapa tips dan kiat-kiat yang dapat Anda lakukan supaya presentasi yang dibuat menjadi bagus dan menarik perhatian audiens.

Apa sajakah itu?

Padatkan Jumlah Slide

Seperti yang telah kita ketahui, aplikasi yang biasanya dipakai untuk membuat slide presentasi adalah power point. Agar presentasi yang Anda bawakan lebih efektif, maka tak perlu membuat slide presentasi yang banyak.

Cukup cantumkan point-point yang penting sehingga slide presentasi lebih padat. Menuliskan banyak kata-kata dalam slide presentasi malah akan membuat presentasi Anda jadi membosankan.

Selain itu tulisan juga akan terlihat tidak jelas. Masukkan intinya saja pada slide dan Anda dapat menjabarkannya secara lisan.

Memanfaatkan Gambar, Tabel dan Grafik

Memanfaatkan gambar, tabel serta grafik dapat membuat presentasi jadi lebih menarik. Memasukkan tabel dan grafik dapat mempersingkat dalam penyampaian data.

Sedangkan peletakkan gambar dapat membuat slide presentasi jadi tidak membosankan. Dengan gambar. Anda juga bisa memberikan penjelasan secara lebih mudah pada audiens.

Menggunakan Jenis dan Ukuran Huruf yang Sesuai

Penggunaan jenis dan ukuran font yang tepat hukumnya wajib dalam menampilkan presentasi.

Dengan demikian audiens dapat membaca slide power point dengan jelas dan mudah dibaca. Jangan memilih font yang berlebihan dan perbesar ukuran huruf di slide.

Memilih Warna Background PPT yang Sesuai

Salah satu tips membuat presentasi yang bagus yaitu dengan memilih warna background yang tidak asal-asalan saja. Sesuaikan juga dengan warna huruf, gambar atau elemen lain yang ada pada slide.

Warna yang kontras tentunya dapat membuat tulisan, gambar maupun elemen lain pada slide jadi lebih terlihat dan jelas terbaca oleh audiens.

Gunakanlah skema warna untuk membuat tampilan slide presentasi dengan warna yang lebih harmonis. Caranya dengan pilih tab design lalu klik colour. Disana Anda dapat memilih berbagai warna yang sesuai.

Desain Slide PPT Menarik

Pada aplikasi power point sendiri memang sudah tersedia template power point yang banyak sekali pilihannya. Anda dapat menemukannya pada tab Design.

Saat Anda klik pada satu template, maka semua font, desain hingga warna dapat berubah untuk menyesuaikan. Namun, Anda juga bisa merubahnya agar sesuai keinginan dan lebih menarik.

Ada banyak situs yang menyediakan template power point secara gratis. Anda cukup mengunduh template favorit Anda yang bisa dicari lewat pencarian google.

Kemudian edit template tersebut dengan tulisan yang hendak Anda presentasikan.

Akhir Kata

Nah itu tadi 5 Cara membuat ppt yang menarik untuk presentasi Anda. Namun perlu untuk Anda perhatikan juga bagaimana cara membawakan presentasi yang baik.

Jangan terlalu banyak mengulang kata-kata yang tidak perlu. Sehingga audiens akan merasa penjelasan Anda tidak efektif.

Perbanyak latihan sebelum melakukan presentasi akan membuat penampilan Anda lebih baik dan siap. Cara membuka presentasi yang baik juga bisa Anda lakukan untuk menimbulkan rasa percaya diri, misalnya saja memberikan salam dengan suara yang lantang.

Demikian tips membuat presentasi bagus yang bisa Anda praktikkan. Semoga bermanfaat.

Baca juga Penggunaan Power Point dalam Presentasi


Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

2 komentar untuk "5 Tips Membuat Presentasi yang Bagus dan Menarik"

  1. Terima kasih untuk Sharing tips membuat Presentasi yang bagus dan menarik. Kadang penyusunan materi Presentasi tidak seindah apa yang kita pikirkan. Terima kasih juga untuk tips cara menyampaikan presentasi. Semoga Pena Buku semakin sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien, Terimakasih Pak Eko atas Doanya. Demikian juga Pak Eko. :-D

      Hapus