Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Power Point dalam Presentasi

Gambar Power Point

Power point adalah aplikasi dari microsoft yang digunakan untuk membantu berbagai pekerjaan, seperti misalnya untuk presentasi, media pembelajaran dan lain lain.

Penggunaan power point dalam presentasi masih banyak diminati meski saat ini telah berkembang berbagai software sejenis, hal ini karena Microsoft Power point dinilai user friendly. (Baca : Power Point )

Bagaimana Penggunaan Power point dalam Presentasi

Karena fiturnya lengkap dan penggunaannya mudah, maka berbagai kalangan termasuk pelajar, siswa, trainer, pendidik hingga pebisnis memilih power point.

Lalu apa fungsi powerpoint dan kelebihannya sehingga banyak digunakan? berikut penjelasanya.

Fungsi Microsoft Power Point

Berikut ini beberapa fungsi microsoft power point yang perlu diketahui. Salah satunya adalah menjadi sarana untuk membuat presentasi lebih mudah.

Power point dalam format soft copy menjadikannya mudah dan praktis untuk digunakan dalam presentasi, sebab dapat diakses dari berbagai perangkat.

Fungsi lainnya dari microsoft power point yaitu dapat membuat presentasi menjadi lebih menarik. Karena slide presentasi dapat ditambahkan audio, video, gambar, fitur animasi, hingga grafik sehingga tidak monoton. Pesan presentasi pun menjadi lebih mudah dipahami oleh audiens.

Penggunaan microsoft power point untuk presentasi juga dapat menghemat budget karena berbentuk soft copy, sehingga Anda tidak perlu membuang-buang kertas untuk memberikan materi kepada audiens.

Baca Juga : 5 Tips Membuat Presentasi yang Bagus dan Menarik

Cara Menggunakan Power Point

Setelah mengetahui fungsi dari microsoft power point, selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan power point dengan mudah.

Cara penggunaan microsoft power point dalam presentasi biasanya melalui perangkat laptop maupun PC. Namun sebelum menggunakannya, berikut ini cara membuat power point yang perlu diperhatikan :

Kuasai Materi

Cara pertama untuk membuat presentasi di Microsoft Power Point adalah menyiapkan dan menguasai materi yang Anda sampaikan. Anda harus mempelajari materi yang akan disampaikan dalam power point.

Tentukan Kata Kunci

Cara kedua untuk menggunakan Microsoft PowerPoint adalah dengan menentukan kata kunci. Setelah menguasai materi, buatlah ringkasan materi. Tujuannya agar lebih mudah mengingat apa yang penting untuk disampaikan.

Poin-poin tersebut biasanya berupa kata kunci yang membantu Anda mengingat dan menjelaskan materi secara ringkas dan padat. Tujuan utama dari PowerPoint adalah untuk menyampaikan poin, sehingga menekankan esensi materi.

Tentukan Desainnya

Cara ketiga untuk membuat presentasi di Microsoft Power Point adalah menentukan desain yang menarik. Cari inspirasi desain PowerPoint sehingga Anda bisa mendapatkan ide tentang bagaimana bentuk desain Anda dibuat.

Inspirasi desain bisa didapat dari internet atau beberapa website (Pinterest.com, Canva.com, Weheartit.com, Pptwork.com, dll). Jika cocok, Anda dapat membuatnya sendiri hanya dengan mengunduh dan mengeditnya.

Perhatikan Konten dan Tata Letaknya

Cara keempat untuk membuat presentasi di Microsoft Powerpoint adalah dengan memperhatikan konten dan tata letak. Gunakan font, warna, dan latar belakang yang Anda pilih untuk membuat presentasi Anda lebih mudah dipahami. Sederhananya, membuat audiens lebih mudah memahami.

Sesuaikan Ukuran Slide

Cara kelima untuk membuat presentasi di Microsoft PowerPoint adalah dengan menyesuaikan ukuran slide. Anda akan melihat tampilan slide 4:3 ketika membuat power point.

Arahkan kursor ke menu File, pilih Page Setup, masukkan tinggi dan lebar slide yang diinginkan, dan terakhir klik OK untuk mengubah ukurannya. Kemudian ukurannya akan diubah sesuai kebutuhan dan Anda akan dapat memasukkan informasi.

 Akhir Kata

Itulah tadi yang dapat disampaikan seputar power point. Penggunaan microsoft power point dalam presentasi masih diminati berbagai kalangan lantaran user friendly dan fiturnya lengkap. Semoga bermanfaat.




Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

Posting Komentar untuk "Penggunaan Power Point dalam Presentasi"