Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Penting Memilih Teman yang Tepat di Sekolah

memilih teman yang tepat
memilih teman yang tepat (Sumber : Canva)

Berteman merupakan salah satu kegiatan dan kebutuhan terpenting bagi semua orang, termasuk saudara Anda. Teman juga memainkan peran besar dalam pertumbuhan kepribadian. Sehingga cari tahulah cara untuk memilih teman yang tepat di sekolah.

Oleh karena itu, memilih teman yang dapat Anda undang untuk menjadi orang yang lebih baik sangatlah penting dan bukan sebaliknya. (Baca: Membentuk Karakter Anak)

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih teman yang baik di sekolah. Bagaimana? Mari kita lihat bersama.

6 Cara Memilih Teman yang Tepat di Sekolah

Teman yang baik sangat penting bagi anak sekolah. Pasalnya, teman yang baik merupakan seseorang yang bisa mendukung dan melindungi, serta menjadi tempat anak-anak belajar satu sama lain.

Tidak mungkin untuk menentukan dengan siapa seorang anak dapat berteman, tetapi orang tua dapat mengarahkan anak-anaknya untuk memilih teman yang tepat . Simak tipsnya di bawah ini.

Memberikan Semangat Belajar

Tentu saja, seorang anak bertemu teman-temannya setiap hari di sekolah. Waktu yang dihabiskan oleh seorang anak bersama teman-temannya merupakan salah satu hal yang sangat penting. 

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anak memilih teman dengan semangat belajar yang sangat tinggi agar anak Anda juga bisa terpengaruh oleh semangat belajar tersebut. 

Anak anda akan senang berteman dengan teman-teman yang semangat belajar, dan tentunya akan berdampak positif pada prestasi akademik sang anak.

Memilih Teman yang Tepat dengan Menerima Apa Adanya

Seorang teman yang baik pastinya akan menerima anak Anda apa adanya. Tanpa perlu tahu apapun kondisi Anda, teman  yang baik tidak akan peduli atau mempermasalahkannya, begitu pun juga sebaliknya. 

Jika anak Anda menemukan teman seperti itu, jangan sia-siakan. Teman yang baik juga tidak akan membicarakan Anda di belakang. Pastikan semua ini menjadi salah satu patokan untuk anak Anda memilih teman yang tepat di sekolah.

Mempunyai Minat serta Aktivitas yang Positif

Pilih teman yang memiliki minat serta aktivitas  yang positif. Berteman dengan teman-teman dengan minat tertentu bisa membantu anak Anda memahami sesuatu dengan mudah. 

Atau anak mungkin juga menyukai minat serta kesukaan teman-temannya. Oleh karena itu, pilihlah seseorang yang memiliki minat atau aktivitas positif agar Anda juga positif.

Bisa Jadi Tempat Berbagi Cerita

Memiliki teman di sekolah tidak selalu berarti diharuskan untuk membicarakan masalah sekolah atau kelas. Tapi Anda pasti akan membicarakan banyak hal yang menarik, seperti, dan bahkan hal-hal pribadi untuk pacar Anda. 

Oleh karena itu, jangan lupa memilih teman yang tepat di sekolah dengan memiliki sifat setia serta bisa diajak berbagi dengan baik. 

Dengan memilih teman yang seperti itu, Anda dan teman Anda dapat belajar berempati, mendengarkan, dan melihat masalah dari perspektif yang berbeda.

Memilih Teman yang Tepat di Sekolah Dengan Jujur

Ketika berbicara tentang persahabatan sekolah, sangat penting untuk memilih teman dengan sifat jujur ​​​​ketika berbicara tentang banyak hal, termasuk masalah pribadi, bukan hanya belajar. 

Di mana pun Anda membutuhkan kejujuran, persahabatan. Tidak ada yang bisa menilai kejujuran seseorang. Tapi kalau Anda juga harus saling jujur dengan teman.

Menjadi Motivator yang Baik

Jangan lupa memilih teman yang dapat memotivasi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Memiliki teman  seperti itu akan membawa manfaat besar bagi Anda karena mereka merupakan pemberi motivasi yang paling berharga dalam hidup. 

Sahabat yang baik tidak akan memuaskan Anda dan akan terus menantang Anda untuk keluar dari zona nyaman untuk menjadi seseorang dengan versi yang terbaik. 

Jika Anda gagal, teman-teman seperti itu tidak akan meninggalkan Anda, tetap bersama Anda dan menguatkan Anda agar Anda tidak berdiri dan menyerah.

Diharapkan tips di atas bisa membantu Anda dalam memilih teman yang tepat di sekolah. Bukan berarti anak tidak bisa berteman dengan siapa pun, tetapi memilih teman yang baik sangat membantu seseorang untuk menjadi baik. Jauhkan diri hal-hal negatif untuk mewujudkan masa depan yang cerah.

Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

6 komentar untuk "6 Cara Penting Memilih Teman yang Tepat di Sekolah"

  1. Tips yang bagus. Biasanya beberapa hari bergaul kita sudah tahu tipe insan yang bisa dijadikan teman ya, ananda. Selamat pagi. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nek bener sekali. Hal pertama untuk membentengi anak kita sekaligus membangun karakter yang bagus adalah lingkungan yang baik

      Hapus
  2. teman, terkadang menentukan masa depan....
    Tips yang bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah Kak, tapi bahasanya tidak begitu juga kali wkwkwkw

      Hapus
  3. Teman sekolah adalah bagian dari kenangan masa sekolah. Kalau teman-temannya asyik, akan semakin menorehkan kenangan berkesan di sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi mempunyai pengaruh yang positif pasti tidak hanya terkenang.

      Hapus