Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah dan Unik Untuk Mengawali di Sekolah yang Baru

Tips Mengawali di Sekolah Yang Baru
Gambar Tips Mengawali di Sekolah Baru
 

Tahun ajaran baru telah tiba. Di kelas tentu, para siswa baru diwajibkan memulai hari dengan MOS.

Selebihnya dimulai dengan kelas pembelajaran seperti biasa. Mengawali di sekolah yang baru pasti sangat menyenangkan bagi beberapa siswa. 

Duduk di kelas yang baru, buku baru, berbagai perlengkapan sekolah, serta situasi pendidikan baru, dan lain sebagainya yang semuanya serba baru.

Keadaan ini didasarkan pada keadaan fisik dan mental. Tetapi bagaimana anak dapat mengawali hari di sekolah baru? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

5 Tips Mengawali di Sekolah yang Baru

Jika Anda merasa tidak nyaman di sekolah baru, itu normal. Namun, itu tidak bisa diperpanjang.

Anda perlu mengambil tindakan segera untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Untuk membantu Anda merasa nyaman di sekolah baru Anda, cobalah yang berikut ini:

Menjadi Seseorang dengan Pribadi yang Ramah

Menjadi seseorang yang ramah,  bisa dilakukan di mana saja, tidak hanya di sekolah. Untuk mengawali hari di sekolah yang baru, Anda tidak boleh cemberut dengan wajah masam. 

Meskipun Anda tengah berada di sebuah situasi yang tidak nyaman sekalipun. Cobalah untuk bersikap seramah mungkin.

Sekolah baru berarti memulai pengalaman baru, memberi Anda kesempatan untuk mengeksplorasi keterampilan Anda lebih dalam. 

Jadi, tentunya Anda membutuhkan bantuan orang-orang di sekitar, agar bisa membantu orang-orang yang ramah dan menghibur untuk menciptakan sebuah lingkungan yang positif.

Menyapa Teman Lebih Dulu

Jadi jika Anda merasa asing dan ingin segera mendapatkan teman baru, jangan takut dan ragu untuk menyapa teman terlebih dahulu. Ini memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang terbuka. 

Sebagai siswa baru, Anda tidak bisa hanya duduk di kursi sendirian atau di sudut kelas pada hari pertama.

Bangunlah suasana dengan berani dan mulailah komunikasi ringan. Misalnya menanyakan nama, rumah, dan sebagainya. 

Jangan ragu untuk bergabung sembari memakan camilan dan obrolan. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mudah untuk mengawali di sekolah yang baru.

Kenali Kepribadian Masing-masing Teman

Sebagai siswa baru, Anda tentu akan menyapa dan bicara dengan banyak orang. Oleh karena itu, ketika beradaptasi dengan sekolah baru, Anda harus dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengidentifikasi karakteristik masing-masing individu. 

Sesuaikan kecepatan bicara Anda dengan orang lain agar Anda tidak arogan. Pengalaman menunjukkan bahwa menyamakan sifat dengan orang lain akan segera terasa nyaman.

Dengan cara ini, teman-teman sekitar lingkungan akan dengan mudah menerima Anda sebagai orang baru. Mengajak Anda untuk membuat kebiasaan sampai akhirnya  terbiasa.

Murah Senyum

Untuk beberapa orang, tidak menyenangkan rasanya menjadi orang baru di lingkungan yang asing. 

Pasalnya, hal ini membuat seseorang melakukan upaya khusus untuk beradaptasi dengan sekolah baru dan komunitas tempat itu. 

Melontarkan senyum untuk satu sama lain adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk membangun persahabatan dan mengawali di sekolah yang baru. Cara ini sangat berguna jika Anda tidak memiliki kenalan  di sekolah. 

Kemudian dekati teman baru dengan sopan dan bicaralah dengan mereka dalam diskusi topi acak. Sekalipun topiknya tidak penting, tetap asyik asalkan tersenyum.

Menjadi Diri Sendiri

Jadilah diri sendiri di lingkungan baru, termasuk sekolah. Ini sangat berguna ketika berpura-pura menjadi orang lain. Ini mudah disalahgunakan. Bertemanlah dengan teman yang satu tujuan. 

Tentu Anda tidak ingin mengalami kejadian seperti itu, dan berada di lingkungan baru tentu mengharapkan pengalaman baru dan menyenangkan.

Selain menjadi diri sendiri, orang lain merasa nyaman berada di dekat Anda saat mengawali hari di sekolah yang baru.

Baca juga 7 Cara Unik Untuk Menyesuaikan Diri dengan Guru

Akhir Kata

Ini adalah beberapa cara untuk mengawali di sekolah yang baru, pastikan Anda melakukannya dengan baik. 

Jika Anda memiliki pengalaman pribadi yang menyenangkan bagikan cerita Anda kepada orang lain agar dapat menginspirasi anak-anak lain yang baru mulai sekolah.

Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

4 komentar untuk "Cara Mudah dan Unik Untuk Mengawali di Sekolah yang Baru"

  1. Murah senyum dan menyapa dulu memang bagus biar banyak teman apalagi kalo sekolah baru ya. Plus jangan lupa traktir makanan yang banyak.😁

    BalasHapus
  2. Kalau aku masih kecil di sekolah lebih banyak diamnya 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bener Kaaak? Mainnya apa diamnya? atau njajannya kwkwkw

      Hapus