Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Membangun Investasi Keuangan untuk Pendidikan Anak

Investasi keuangan untuk pendidikan anak
Investasi keuangan untuk pendidikan anak

Hallo Sahabat!!

Memiliki anak merupakan tanggung jawab yang tidak main-main. Ada banyak sekali kebutuhan anak yang wajib dipenuhi orang tua, salah satunya adalah pendidikan.

Orang tua pasti menginginkan pendidikan terbaik dan terjamin untuk anaknya sehingga banyak yang memilih untuk investasi keuangan untuk pendidikan anak.

Investasi untuk pendidikan anak menjadi pilihan banyak orang tua masa kini karena berbagai alasan. Utamanya adalah biaya pendidikan yang terus menerus naik dari tahun ke tahun.

Sementara nilai uang terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Maka berinvestasi menjadi cara tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan.

6 Trik Berinvestasi untuk Pendidikan Anak

Sekalipun menjadi pilihan cerdas untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, investasi tidak bisa dilakukan sembarangan.

Melakukan investasi harus dengan bekal wawasan yang luas serta pemahaman yang mendalam. Agar tak salah langkah dalam investasi keuangan untuk pendidikan anak, lakukan strategi berikut ini:

1. Tentukan Sekolah yang Akan Dituju

Sebelum mulai berinvestasi untuk pendidikan anak, tentukan dulu sekolah mana yang akan dituju. Tentunya ini dilakukan beberapa tahun sebelum anak masuk ke sekolah tersebut.

Selanjutnya Anda perlu mencari informasi tentang berapa biaya pendidikan dari awal masuk hingga lulus di sekolah tersebut.

Memilih sekolah untuk anak pastinya harus dengan mempertimbangkan kondisi finansial masa sekarang dan kemungkinan beberapa tahun ke depan.

2. Jangan Lupakan Kebutuhan Pendukung

Saat menghitung besarnya biaya pendidikan pada sekolah yang sudah dipilih, Anda tidak boleh melupakan kebutuhan pendukung lainnya.

Karena bukan hanya biaya masuk dan bulanannya saja, anak juga pasti membutuhkan lainnya seperti peralatan sekolah, buku pelajaran hingga konsumsi dan transportasi.

Biaya tambahan ini nantinya bisa sekalian Anda sertakan dalam investasi keuangan untuk pendidikan anak.

3. Kalkulasi dengan Mempertimbangkan Kenaikan Harga

Anda perlu menyadari bahwa informasi harga yang Anda peroleh saat ini bukan satu-satunya acuan. Kenaikan harga kebutuhan sekolah dan biaya pendidikan merupakan hal yang sangat mungkin terjadi. 

Maka saat melakukan kalkulasi tentang berapa banyak biaya pendidikan yang harus disiapkan, Anda harus mempertimbangkan hal tersebut. Itu artinya, nilai investasi Anda harus lebih besar dari biaya pendidikan saat ini.

4. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Waktu adalah hal pasti yang harus masuk dalam daftar pertimbangan ketika melakukan investasi keuangan untuk pendidikan anak.

Karena masa anak sekolah itu pasti tiba di waktu yang bisa diperkirakan. Selain memperoleh jumlah biaya yang perlu dipersiapkan, waktu pemenuhan biaya tersebut juga harus bisa ditentukan sebelum mulai investasi. Nantinya jangka waktu pemenuhan ini akan berpengaruh terhadap lamanya investasi.

5. Tentukan Instrumen Investasi

Dengan berbekal data lengkap yang sudah Anda kumpulkan mulai dari besarnya biaya yang dibutuhkan hingga jangka waktu pemenuhannya, selanjutnya Anda bisa memilih instrumen investasi.

Banyak pilihan instrumen investasi yang bisa Anda jalankan. Tentukan instrumen yang paling sesuai dengan kebutuhan serta kondisi finansial Anda.

6. Pahami Risikonya

Di balik keuntungan yang ditawarkan, ada risiko investasi yang perlu Anda pahami. Risiko investasi bisa terjadi kapan saja dengan berbagai kemungkinan.

Saat sudah sangat memahaminya, maka Anda tidak akan dibuat terkejut jika sewaktu-waktu terjadi penurunan nilai investasi. Anda juga jadi lebih bisa mengambil langkah yang tepat ketika terjadi kerugian.

Investasi keuangan untuk pendidikan anak merupakan hal yang harus melalui persiapan matang. 

Berbagai hal juga harus menjadi pertimbangan supaya investasi yang dipilih tepat guna sesuai dengan tujuannya. Keenam strategi di atas bisa Anda terapkan dalam investasi pendidikan anak.

Baca juga 6 Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan untuk Anak

Referensi:


Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

2 komentar untuk "Strategi Membangun Investasi Keuangan untuk Pendidikan Anak"

  1. pendidikan semakin mahal saja....
    benar, perlu dipikirkan biaya pendidikan untuk anak sejak dini......

    # Bermanfaat .....Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata-rata kanaikannya 15 % setiap tahunnya

      Hapus