Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Organ Tubuh yang Termasuk Dalam Sistem Pencernaan Manusia

 Makanan diproses oleh sistem pencernaan manusia dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh terlebih dahulu harus diproses oleh berbagai organ di dalam tubuh agar dapat diubah menjadi energi dan berbagai jenis nutrisi. 

Selain nutrisi, sistem pencernaan pada tubuh manusia juga menghasilkan produk limbah yang dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk feses. Tetapi organ tubuh mana yang termasuk dalam sistem ini? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga Ciri-ciri Makhluk Hidup

7 Organ Pada Sistem Pencernaan Manusia

Setiap makanan serta minuman yang masuk ke dalam tubuh manusia harus diolah terlebih dahulu agar dapat diubah menjadi energi dan berbagai jenis nutrisi. 

Di bawah ini adalah beberapa organ dalam tubuh yang termasuk dalam sistem pencernaan pada manusia serta dapat mengubah makanan menjadi energi dan nutrisi serta membuang kotorannya:

Mulut

Sistem Pencernaan Manusia - Mulut
Sistem Pencernaan Manusia - Mulut (Sumber : Canva)

Proses pencernaan pada tubuh manusia diawali dengan makanan yang digigit kemudian dihancurkan dalam mulut. Kemudian makanan yang bercampur dengan air liur dihaluskan oleh gigi sampai lembut hingga mudah ditelan. 

Lidah kemudian juga mencampur makanan dengan air liur, memasukkan makanan ke dalam mulut supaya bisa digigit secara merata oleh gigi serta menekan makanan menuju kerongkongan untuk ditelan

Kerongkongan

Sistem Pencernaan Manusia - Kerongkongan
Sistem Pencernaan Manusia - Kerongkongan (Sumber : Canva)

Saat menelan, salah satu organ yang berperan dalam sistem pencernaan manusia merupakan kerongkongan.

Kerongkongan ialah sebuah tabung dengan panjang sekitar 25 cm. Kerongkongan juga yang membawa makanan serta minuman dari mulut menuju lambung. 

Saluran ini memiliki otot berbentuk cincin yang berada di bagian bawah. Otot ini dapat mencegah makanan serta minuman yang mencapai lambung untuk kembali ke kerongkongan dan mulut atau yang biasa disebut muntah.

Lambung

Sistem Pencernaan Manusia - Lambung
Sistem Pencernaan Manusia - Lambung (Sumber : Canva)

Setelah makan dan juga minum, lambung kemudian mengeluarkan asam serta enzim untuk melanjutkan proses pencernaan yang terjadi dalam tubuh. 

Seluruh makanan serta minuman yang ada pada lambung kemudian diolah menjadi sebuah cairan pekat dan didorong ke usus halus. 

Perut tidak hanya berfungsi untuk memecah makanan, namun juga untuk membunuh berbagai macam mikroba yang mungkin ditemukan dalam makanan dan minuman.

Pankreas

Sistem Pencernaan Manusia - Pangkreas
Sistem Pencernaan Manusia - Pangkreas (Sumber : Canva)

Pankreas pada sistem pencernaan manusia menghasilkan enzim yang berfungsi untuk memecah nutris.

Nantinya, enzim ini akan dikeluarkan oleh pankreas hingga kemudian ikut bercampur dengan berbagai enzim pencernaan yang ada pada lambung. 

Enzim-enzim dalam pankreas dapat mengubah lemak menjadi asam lemak, kemudian ada juga enzim untuk merubah protein sebagai asam amino serta enzim untuk untuk memecah karbohidrat yang dijadikan sebagai glukosa.

Kantung Empedu

Sistem Pencernaan manusia - Kantung Empedu
Sistem Pencernaan manusia - Kantung Empedu (Sumber : Canva)

Hati merupakan organ yang menghasilkan empedu serta memiliki peran cukup penting pada sistem pencernaan pada tubuh manusia. Organ ini dapat merubah lemak menjadi asam lemak. 

Di dalam organ ini juga memiliki garam empedu, kolesterol, bilirubin, mineral dan air yang disimpan pada kantong empedu. Empedu mengalir ke usus kecil ketika proses mencerna makanan terjadi.

Usus Halus

Sistem Pencernaan Manusia - Usus Halus
Sistem Pencernaan Manusia - Usus Halus (Sumber : Canva)

Usai makanan halus di perut, akan lanjut didorong ke usus kecil. Makanan kemudian dihaluskan dengan enzim yang dikeluarkan oleh pankreas serta empedu yang diproduksi oleh hati. Usus halus ternyata terdiri dari tiga bagian diantaranya sebagai berikut:

  • Duodenum memiliki tanggung jawab agar dapat melanjutkan proses penghancuran pada makanan 
  • Jejunum dan Ileum memiliki tanggung jawab pada proses penyerapan nutrisi pada makanan untuk dialirkan ke darah.

Usus Besar

Sistem Pencernaan Manusia - Usus Besar
Sistem Pencernaan Manusia - Usus Besar (Sumber : Canva)

Usai seluruh nutrisi diserap pada tubuh, makanan yang diolah dalam tubuh meninggalkan kotoran yang disebut feses. Nantinya, usus besar memiliki fungsi untuk mendorong seluruh feses tersebut ke rektum. 

Rektum merupakan titik akhir dari saluran pencernaan. Tidak hanya mengeluarkan feses, usus besar juga menjaga keseimbangan air serta elektrolit yang terkandung dalam tubuh.

Akhir Kata Tentang Sistem Pencernaan Manusia

Semoga penjelasan di atas dapat memberikan informasi terbaik tentang organ-organ yang terdapat dalam sistem pencernaan manusia yang kemudian bekerja sama dengan yang lainnya untuk memecah makanan menjadi nutrisi sebelum diedarkan dalam darah.


Pena Buku
Pena Buku Pena Buku adalah blog tentang pengetahuan apa saja yang ingin diketahui, baik itu tentang buku, pelajaran sekolah, atau hikmah di balik sesuatu.

6 komentar untuk "7 Organ Tubuh yang Termasuk Dalam Sistem Pencernaan Manusia"

  1. Jadi ingat dengan pelajaran IPA waktu SD dulu kalo baha masalah organ pencernaan manusia.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ingat juga kak kalau makan itu setelah dari mulut harus melalui kerongkongan, bukan tenggorokan hihihihi

      Hapus
  2. Informasi yang menarik mengenai Pencernaan yang hampir setiap hari bekerja keras untuk proses penyediaan nutrisi hingga menjadi energi yang siap digunakan oleh manusia. Salam sehat dan selamat beraktifitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sehat Pak Eko. Jangan lupa makan dengan makanan bergizi

      Hapus
  3. sukses dan sehat selalu ya kak :D

    BalasHapus